Cara Membulatkan Bilangan dengan Benar

Cara Membulatkan Bilangan dengan Benar

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai bilangan desimal ataupun bilangan yang memiliki beberapa angka dibelakang koma.  Seperti bilangan 7,89 kg, 12,15 ons dan bilangan yang lainnya. Lantas bagaimana caranya untuk membulatkan bilangan yang ada dibelakang koma? Berikut ini ada beberapa cara membulatkan bilangan dengan baik dan benar!

  1. Apabila angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan kurang dari 5 maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya tetap (tidak berubah). Contoh:  60,25 kg (kilogram) dibulatkan hingga satuan kilogram terdekat menjadi 60 kg. Hal ini angka-angka yang harus dihilangkan adalah angka 25 dan angka terkiri dari 25 adalah 2 (kurang dari 5) maka angka terkanan yang mendahului 25, yaitu 0, tetap.
  2. Apabila angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan lebih dari 5 atau 5 diikuti angka-angka bukan nol semua maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya bertambah dengan satu. Contoh: 7985 kg dibulatkan hingga ribuan kg menjadi 8000 kg. hal ini, angka-angka yang harus dihilangkan adalah 985 dan angka terkiri dari 985 adalah 9 (lebih dari 5) maka angka terkanan yang mendahului 985, yaitu 7, bertambah dengan satu menjadi 8.
  3. Apabila angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan sama dengan 5 atau angka 5 diikuti oleh angka-angka nol semua maka angka terkanan dari angka yang mendahului tetap jika angka tersebut genap dan bertambah satu jika angka tersebut ganjil. Contoh : 16,35 kg dibulatkan hingga persepulan kg terdekat menjadi 16,4 kg. hal ini angka yang harus dihilangkan adalah 5 maka angka terkanan yang mendahului 5, yaitu 3 bertambah satu menjadi 4 ( karena angka 3 merupakan angka ganjil). Contoh : 34,500 cm dibulatkan hingga satuan cm menjadi 34 cm. karena angka-angka yang harus dihilangkan adalah 500 dan angka terkiri dari 500 itu adalah 5, maka angka terkanan yang mendahului 500, yaitu 4 tetap (karena angka 4 merupakan angka genap)

Demikian Cara Membulatkan Bilangan dengan Benar semoga bisa bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser