Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan

Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan. Sebagai seorang muslim kita wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pelaksanaan puasa di bulan ramadhan selama satu bulan penuh. 
Puasa di bulan ramadhan ada bnyak sekali manfaat dan hikmah bagi kehidupan kita. Manfaat dan hikmah Puasa di Bulan Ramadhan banyak sekali.Adapun hikmah dan manfaat puasa bagi kita  antara lain:

  1. Sebagai tanda syukur dan terima kasih kita kepada Allah atas nikmat dan karunia yang Allah berikan kepada kita. 
  2. Mendidik kepercayaan. Seseorang yang sanggup menahan makan dan minum dari harta yang halal karena ingat perintah Allah, sudah tentu ia akan meninggalkan segala perintah Allah. Ia juga tidak akan berani melanggar segala perintah segala larangan-Nya. 
  3. Mendidik perasaan belas kasih terhadap pekir miskin. Seseorang yang merasakan sakit dan pedihnya perut kelaparan akan dapat merasakan kesusahan orang fakir miskin
  4. Menjaga kesehatan. Alat pencernaan makanan kita seperti mesin yang bekerja setiap saat. Oleh karena itu, alat pencernaan harus diistirahatkan agar bebannya menjadi ringan. Caranya dengan berpuasa.
  5. Membina sifat sabar dan tawakal. Karena orang yang berpuasa dilatih untuk sabar menanti datangnya waktu berbuka puasa.
  6. Mendapat dua kegembiraan, yaitu kegembiraan saat berbuka puasa dan kegembiraan nanti di akhirat.
  7. Memperhalus budi pekerti atau akhlak
  8. Melatih disiplin waktu dan peraturan
Baca juga : Rahasia makan Sahur di Bulan Ramadhan

Demikian beberapa manfaat dan hikmah puasa di bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser