Pengertian Puasa dan macam- macam puasa

Pengertian Puasa dan macam- macam puasa

Di Bulan Ramadhan ini orang muslim melaksanakan kewajibannya yaitu menunaikan ibadah puasa. Bukan hanya orang dewasa, tetapi anak-anak usia sekolah dasar sudah dibiasakan untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

baca juga : perbuatan yang membatalkan puasa

Kata puasa sudah tidak asing lagi bagi kita. Tapi alangkah baiknya kita mengingat kembali makna dari kata puasa agar ibadah puasa yang kita jalani lebih bermakna. Puasa dalam Bahasa Arab disebut As-saum artinya menahan diri dari segala sesuatu. Sedangkan menurut ajaran agama islam, pengertian puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
Macam-macam puasa dalam ajaran islam yaitu:

  1. Puasa wajib, yaitu puasa yang wjib dikerjakan oleh setiap muslim seperti puasa Ramadhan, puasa nazar dan puasa kafarat (karena bersumpah)
  2. Puasa Sunah, yaitu puasa yang diajurkan untuk dikerjakan seperti puasa hari senin- kamis, puasa arafah (9 zulhijjah), puasa 6 hari pada bulan syawal
  3. Puasa haram, yaitu puasa yagn tidak boleh dikerjakan pada hari-hari tertentu, seperti pada hari raya idul fitri (1 syawal), idul adha (10 zulhijjah), dan hari tasyrik (11,12,13 zulhijjah)
  4. Puasa makruh, yaitu puasa yang sebaiknya ditinggalkan. Seperti puasa terus- menerus sepanjang tahun dengan tetap berbuka

Demikian pengertian puasa dan pembagian puasa, semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser